Kisah Lengkap Perjalanan Hidup Nabi Nabi Yusuf Yang Bisa Kita Teladani

Kisah Lengkap Perjalanan Hidup Nabi Nabi Yusuf Yang Bisa Kita Teladani

Smallest Font
Largest Font

portalislam - Halo sahabat portal islam yang dimuliakan oleh Allah Azza Wa Zalla, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kisah perjalanan hidup nabi Yusuf AS yang bisa kita ambil pelajaran dan hikmah agar kita menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih bertaqwa kepada Allah Azza Wa Zalla.

Kebanyakan umat islam telah mengetahui kisah 25 nabi khususnya kisah perjalanan hidup Nabi Yusuf AS. Beliau sendiri adalah cucu dari nabi Ishaq AS maka kalau dilihat dari darah keturunan nya menjadi Yusuf bin Ya’qub bin Ibrahim bin Azar bin Nahur bin Suruj bin Ra’u bin Falij dan terakhir ialah Nuh.

Kisah Perjalanan Hidup Nabi Yusuf AS Yang Patut Kita Teladani
Kisah Perjalanan Hidup Nabi Yusuf AS Yang Patut Kita Teladani

Kisah Perjalanan Hidup Nabi Yusuf A.S

Seorang yang cerdas, jujur dalam hidupnya, beriman dan bertaqwa kepada Allah Azza Wa Zalla. Itulah beliau, itulah Yusuf Alaihi Sallam. Seorang nabi yang di utus kepada kalangan bani israel yang mempunyai orang tua Ya'kub dan Ribka.

Hanya seorang bunyamin saja yang menjadi saudara kandungnya. terdapat banyak kisah yang bisa kita ambil pelajaran dan hikmah dibalik kisah hidup nabi Yusuf A.S. berikut adalah beberapa kisah hidup perjalanan nabi yusuf yang bisa kita ambil hikmah dan pelajarannya:

1. Kisah Nabi Yusuf Dibuang Ke Dalam Sumur Oleh Saudaranya

Nabi Ya'qub A.S sangat mencintai dan menyayangi Nabi Yusuf A.S dikarenakan sifat dan karakternya beda dengan saudara-saudaranya yang lain. Situasi dan kondisi ini menumbuhkan rasa iri dan dengki di hati saudaranya.

Saudaranya membuang Nabi Yusuf A.S kedalam sumur ketika berhasil membohongi Nabi Ya'qub A.S. Allah Azza Wa Zalla menyelamatkan Nabi Yusuf A.S dengan pertolongan seorang pedagang yang memberikan tali kepada Nabi Yusuf A.S. Pada akhirnya Nabi Yusuf A.S dikembalikan kepada keluarganya oleh pembesar kerajaan Mesir.

2. Kisah Nabi Yusuf A.S Yang Di Penjara Akibat Rayuan Oleh Zulaikha

Pembesar kerajaan mesir menjadikan yusuf sebagai anak angkat yang bertugas untuk melayani seluruh kebutuhan di rumah kerajaan. Yusuf disanyangi oleh Pasangan Qithfir dan Zulaikha akibat buah dari ketampanan yang di milikinya bahkan keduanya sampai mengira bahwa yusuf adalah seorang malaikat dan bukan kalangan dari manusia.

Ketampanan yusuf akhirnya membuat zulaikha terpana dan terperdaya oleh rayuan setan yang membuatnya melakukan perbuatan tercela. Keduanya pun akhirnya terlibat sedikit perkelahian yang membuat Qithfir datang kemudian Zulaikha memfitnah yusuf melakukan percobaan pemerkosaan yang berakibat yusuf masuk kedalam penjara pada masa itu.

3. Nabi Yusuf Di Jual Ke Saudagar Mesir

Para rombongan musafir mesir terlihat begitu senang ketika melihat keberadaan yusuf dewasa, pun begitu dengan orang yang membeli yusuf. Merika terlihat senang dan bahagia sekali karena berhasil menjadikan Nabi Yusuf A.S seorang anak.

Kisah ini dijelaskan dalam Al-Qur'an dalam surat Yusuf 23 - 29.

وَرَٰوَدَتْهُ ٱلَّتِى هُوَ فِى بَيْتِهَا عَن نَّفْسِهِۦ وَغَلَّقَتِ ٱلْأَبْوَٰبَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ ۚ قَالَ مَعَاذَ ٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ رَبِّىٓ أَحْسَنَ مَثْوَاىَ ۖ إِنَّهُۥ لَا يُفْلِحُ ٱلظَّٰلِمُونَ

Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu, seraya berkata: "Marilah ke sini". Yusuf berkata: "Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik". Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung.

وَلَقَدْ هَمَّتْ بِهِۦ ۖ وَهَمَّ بِهَا لَوْلَآ أَن رَّءَا بُرْهَٰنَ رَبِّهِۦ ۚ كَذَٰلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ ٱلسُّوٓءَ وَٱلْفَحْشَآءَ ۚ إِنَّهُۥ مِنْ عِبَادِنَا ٱلْمُخْلَصِينَ

Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.

وَٱسْتَبَقَا ٱلْبَابَ وَقَدَّتْ قَمِيصَهُۥ مِن دُبُرٍ وَأَلْفَيَا سَيِّدَهَا لَدَا ٱلْبَابِ ۚ قَالَتْ مَا جَزَآءُ مَنْ أَرَادَ بِأَهْلِكَ سُوٓءًا إِلَّآ أَن يُسْجَنَ أَوْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Dan keduanya berlomba-lomba menuju pintu dan wanita itu menarik baju gamis Yusuf dari belakang hingga koyak dan kedua-duanya mendapati suami wanita itu di muka pintu. Wanita itu berkata: "Apakah pembalasan terhadap orang yang bermaksud berbuat serong dengan isterimu, selain dipenjarakan atau (dihukum) dengan azab yang pedih?"

قَالَ هِىَ رَٰوَدَتْنِى عَن نَّفْسِى ۚ وَشَهِدَ شَاهِدٌ مِّنْ أَهْلِهَآ إِن كَانَ قَمِيصُهُۥ قُدَّ مِن قُبُلٍ فَصَدَقَتْ وَهُوَ مِنَ ٱلْكَٰذِبِينَ

Yusuf berkata: "Dia menggodaku untuk menundukkan diriku (kepadanya)", dan seorang saksi dari keluarga wanita itu memberikan kesaksiannya: "Jika baju gamisnya koyak di muka, maka wanita itu benar dan Yusuf termasuk orang-orang yang dusta.

وَإِن كَانَ قَمِيصُهُۥ قُدَّ مِن دُبُرٍ فَكَذَبَتْ وَهُوَ مِنَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Dan jika baju gamisnya koyak di belakang, maka wanita itulah yang dusta, dan Yusuf termasuk orang-orang yang benar".

فَلَمَّا رَءَا قَمِيصَهُۥ قُدَّ مِن دُبُرٍ قَالَ إِنَّهُۥ مِن كَيْدِكُنَّ ۖ إِنَّ كَيْدَكُنَّ عَظِيمٌ

Maka tatkala suami wanita itu melihat baju gamis Yusuf koyak di belakang berkatalah dia: "Sesungguhnya (kejadian) itu adalah diantara tipu daya kamu, sesungguhnya tipu daya kamu adalah besar".

يُوسُفُ أَعْرِضْ عَنْ هَٰذَا ۚ وَٱسْتَغْفِرِى لِذَنۢبِكِ ۖ إِنَّكِ كُنتِ مِنَ ٱلْخَاطِـِٔينَ

(Hai) Yusuf: "Berpalinglah dari ini, dan (kamu hai isteriku) mohon ampunlah atas dosamu itu, karena kamu sesungguhnya termasuk orang-orang yang berbuat salah".

4. Nabi Yusuf A.S Yang Menafsirkan Mimpi Sang Raja

Nabi Yusuf A.S mendapatkan kesempatan langka yakni menafsirkan mimpi sang raja yang kemudian membuat yusuf dibebaskan dari penjara. Al-Qur'an mengabadikan kisah tersebut dalam Surat Yusuf 43-44:

قَالُوۡۤا اَضۡغَاثُ اَحۡلَامٍۚ وَمَا نَحۡنُ بِتَاۡوِيۡلِ الۡاَحۡلَامِ بِعٰلِمِيۡنَ‏ ٤٤

Mereka menjawab, "(Itu) mimpi-mimpi yang kosong dan kami tidak mampu menakwilkan mimpi itu."

وَقَالَ الۡمَلِكُ اِنِّىۡۤ اَرٰى سَبۡعَ بَقَرٰتٍ سِمَانٍ يَّاۡكُلُهُنَّ سَبۡعٌ عِجَافٌ وَّسَبۡعَ سُنۡۢبُلٰتٍ خُضۡرٍ وَّاُخَرَ يٰبِسٰتٍ​ؕ يٰۤاَيُّهَا الۡمَلَاُ اَفۡتُوۡنِىۡ فِىۡ رُءۡيَاىَ اِنۡ كُنۡتُمۡ لِلرُّءۡيَا تَعۡبُرُوۡنَ‏ ٤٣

Dan raja berkata (kepada para pemuka kaumnya), "Sesungguhnya aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus; tujuh tangkai (gandum) yang hijau dan (tujuh tangkai) lainnya yang kering. Wahai orang yang terkemuka! Terangkanlah kepadaku tentang takwil mimpiku itu jika kamu dapat menakwilkan mimpi."

5. Kisah Nabi Yusuf Yang Diangkat Menjadi Menteri Keuangan Negara

Keberhasilan takwil mimpi yusuf kepada sang raja membuatnya diangkat menjadi menteri keuangan negara pada masa itu. Penduduk mesir diperintah oleh titah sang raja agar mulai bercocok tanam pada saat menghadapi musim paceklik di masa depan.
Para penduduk mesir senang dengan kinerja yusuf karena mereka mendapatkan hasil panen yang lebih baik dari sebelumnya.
Pembaca yang budiman dan di rahmati oleh Allah Azza Wa Zalla, pada paparan kisah nabi yusuf diatas maka kita bisa mengambil hikmah antara lain:
  • Ketampanan Nabi Yusuf A.S tidak membuat beliau sombong 
  • Iman dan Taqwa kepada Allah Azza Wa Zalla yang sangat tinggi
  • Kejujuran serta kesabaran yang luar biasa 
  • Mampu menahan hawa nafsu saat di goda oleh raja mesir yang anggun nan cantik pada masa itu.

Semoga apa yang penulis sampaikan kiranya dapat menjadi amal jariyah bagi penulis dan bermanfaat bagi pembaca semuanya. Aamiin

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow