Sejarah

Sejarah

Portal Islam

Feb 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Pembukaan Laut Merah: Mukjizat Besar Nabi Musa

Pembukaan Laut Merah: Mukjizat Besar Nabi Musa

portalislam - Dalam perjalanan hidupnya, Nabi Musa AS menjadi saksi dan pelaku dari berbagai mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT. Salah satu mukjizat besar yang diberikan kepada Nabi Musa AS adalah pembukaan Laut Merah. Mukjizat ini terjadi saat Nabi Musa AS dan umatnya, Bani Israel, berada di perbatasan Mesir dan ketika dikejar oleh pasukan Fir'aun yang keras dan kejam.

Fir'aun merasa terancam oleh keberadaan Bani Israel yang semakin kuat dan ingin menguasai mereka dengan kekuasaan militer yang dimilikinya. Ketika Bani Israel telah sampai di tepi laut, mereka merasa terjepit antara pasukan Fir'aun yang terus mendekati dari belakang dan Laut Merah yang menjadi rintangan di depan mereka. Kondisi ini tampak sangat suram bagi Bani Israel, tapi Nabi Musa AS tetap tenang dan percaya kepada Allah SWT.

Allah SWT pun berfirman kepada Nabi Musa AS untuk mengayunkan tongkatnya ke arah Laut Merah. Dengan penuh keyakinan, Nabi Musa AS mengikuti perintah tersebut dan tiba-tiba terjadi suatu mukjizat yang sangat luar biasa. Air di Laut Merah terbelah menjadi dua bagian yang membentuk jalan yang kering di tengah-tengahnya. Bani Israel dan Nabi Musa AS pun dapat melewati Laut Merah dengan selamat.

Tidak hanya itu, ketika pasukan Fir'aun mencoba mengejar Bani Israel dengan memasuki jalan yang telah terbuka di Laut Merah, air tiba-tiba kembali mengalir dengan derasnya. Pasukan Fir'aun pun terjebak dan tenggelam dalam kekuasaan Allah SWT. Mukjizat pembukaan Laut Merah ini menjadi bukti kuat atas kebenaran keimanan Nabi Musa AS serta kekuasaan dan keagungan Allah SWT.

Mukjizat pembukaan Laut Merah ini mengandung banyak hikmah dan pelajaran berharga bagi umat manusia. Pertama, mukjizat ini menunjukkan bahwa Allah SWT memiliki kekuasaan yang tak terbatas untuk dapat mengendalikan segala hal, termasuk alam semesta. Kekuatan dan kebesaran Allah SWT terbukti dalam peristiwa pembukaan Laut Merah ini.

Keberanian dan keimanan Nabi Musa AS juga menjadi contoh yang patut diteladani. Meskipun Bani Israel sedang berada dalam situasi yang sangat sulit dan terjepit di antara pasukan Fir'aun dan Laut Merah, Nabi Musa AS tetap tenang dan percaya penuh kepada Allah SWT. Ia tidak meragukan kekuasaan Allah SWT dan dengan tawakal, mengikuti perintah Allah SWT yang kemudian menuntun Bani Israel menuju keselamatan.

Mukjizat pembukaan Laut Merah ini juga mengajarkan kita untuk selalu berserah diri kepada Allah SWT dalam menghadapi segala kesulitan hidup. Seperti yang dialami Bani Israel, terkadang kita juga bisa merasa terjepit di tengah masalah yang tampak sulit untuk diatasi, tapi dengan iman dan keyakinan kepada Allah SWT, kita akan menemukan jalan keluar yang tidak terduga sebelumnya.

Terakhir, mukjizat ini juga menjadi pengingat bagi kita bahwa Allah SWT selalu bersama dan melindungi hamba-Nya yang beriman. Walaupun saat itu Bani Israel berada dalam situasi yang sangat kritis, Allah SWT tidak pernah membiarkan mereka sendirian. Allah SWT selalu memberikan pertolongan dan bimbingan-Nya kepada hamba-Nya yang memohon serta mengerjakan kebaikan.

Dalam kesimpulan, mukjizat pembukaan Laut Merah merupakan salah satu mukjizat besar yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Musa AS. Mukjizat ini tidak hanya menjadi bukti dari kebesaran Allah SWT tetapi juga mengandung banyak hikmah dan pelajaran berharga bagi umat manusia. Keberanian, keimanan, dan tawakal Nabi Musa AS memberikan inspirasi bagi kita untuk selalu bertawakal dan berserah diri kepada Allah SWT dalam menghadapi segala kesulitan hidup.

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here